Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha
Jurusan Dharma Acariya

Keberadaan Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya sebagai satu-satunya program studi yang ada di  Sekolah Tinggi Agama Buddha  Bodhi Dharma Medan didirikan pada Tahun 2002 melalui ketetapan Surat Keputusan dari Direktur Jendral Hindu dan Buddha No.DJ.V/53/SK/2002 dan pemberian status terdaftar Program Sarjana (S1) program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya dan telah diperbaharui dengan surat ketetapan Kemudian diperbaharui dengan Surat Ketetapan Dirjen Bimas Buddha No.DJ.VI/16a/SK/2008.

Dalam sejarah keilmuan, istilah Dharma Acariya tidak pernah ditemui sebagai terminologi maupun sebagai nama lembaga. Kata Dharma Acariya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Dharma dan Acariya. Dharma berarti ajaran Buddha dan Acariya berarti Guru. Jadi Dharma Acariya memiliki arti guru ajaran Buddha atau guru Dharma. Kata ini dapat definisikan secara luas menjadi guru yang bergerak dibidang pendidikan Agama Buddha. Definisi ini menimbulkan konsekuensi yang luas karena sebagai sebuah ilmu diharuskan memiliki kejelasan paradigma, approach dan metode. Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya memusatkan perhatian untuk mengkaji fenomena pendidikan Agama Buddha dari ranah agama Buddha dan berbagai ranah ilmu pendidikan.

Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya dengan jenjang pendidikan S1, dapat diselesaikan oleh mahasiswa dalam 8 – 14 semester. Hal ini memungkinkan karena Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya STAB Bodhi Dharma menerapkan sistem SKS yang diramu dalam sistem paket sehingga dapat memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan studi lebih awal.

Seiring dengan berlakunya KTSP, program studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya telah membangun struktur keilmuan sesuai dengan tuntutan penguasaan kompetensi program studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya. Di samping itu, kurikulum yang disusun telah disesuaikan dengan tuntutan visi, misi, dan tujuan program studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya. Sejalan dengan otonomi pendidikan, STAB Bodhi Dharma telah mengembangkan kurikulum nasional dan kurikulum muatan lokal yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan lembaga sehingga kurikulum program studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya telah mengintegrasikan antara muatan nasional dan lokal.

Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya sebagai satu-satunya program studi yang ada di STAB Bodhi Dharma, mempunyai orientasi visi, misi, sasaran, dan tujuan yang diharapkan tidak hanya mampu memberikan output yang sesuai dengan standar akademik, tetapi juga diharapkan mampu memenuhi kualifikasi dunia kerja yang akan memanfaatkan output dari program studi Pendidikan Keagamaan Buddha Jurusan Dharma Acariya, baik dikalangan internal agama Buddha maupun masyarakat pendidikan pada umumnya.

VISI

Menjadi Perguruan Tinggi Agama Buddha yang Unggul dalam Menyiapkan
pendidik Agama Buddha yang berkompeten,berkarakter
dan berwawasan intersektarian pada tahun 2026.”

MISI

“Menghasilkan lulusan yang unggul, berkompeten,
berkarakter, dan memiliki wawasan intersektarian melalui
proses pembelajaran yang unggul dan komprehensif.

TUJUAN

1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang komprehensif sesuai dengan kebutuhan masyarakat. (Unggul)
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. (Berkompeten)
3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai nilai-nilai Buddhis di masyarakat. (Berkarakter)
4. Menanamkan nilai-nilai intersektarian kepada mahasiswa agar memiliki pemahaman Buddha Dharma secara utuh. (Wawasan Intersektarian)

jquery slideshow by WOWSlider.com v8.8

Have questions?